Kamis, 08 Maret 2012

KONSEP DASAR EVALUASI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN


A.     Pengertian, Kedudukan, dan Syarat-Syarat Umum Evaluasi
1.      Pengertian Evaluasi
Pengertian evaluasi belajar dan pembelajaran adalah proses untuk menentukan nilai belajar dan pembelajaran yang dilaksanakan, dengan melalui kegiatan penilaian dan/atau pengukuran belajar dan pembelajaran. Sedangkan pengertian pengukuran dalam kegiatan belajar dan pembelajaran adalah proses membandingkan tingkat keberhasilan belajar dan pembelajaran dengan ukuran keberhasilan belajar dan pembelajaran yang telah ditentukan secara kuantitatif. Pengertian penilaian belajar dan pembelajaran adalah proses pembuatan keputusan nilai keberhasilan belajar dan pembelajaran secara kualitatif.
2.      Kedudukan Evaluasi dalam Proses Pendidikan
Proses pendidikan merupakan proses pemanusiaan manusia, dimana di dalamnya terjadi proses membudayakan dan memberadabkan manusia. Agar terbentuk manusia yang berbudaya dan beradab, maka diperlukan transformasi kebudayaan dan peradaban.


1.      Syarat-Syarat Umum Evaluasi
      Syarat-syarat umum yang harus dipenuhi dalam mengadakan kegiatan evaluasi dalam proses pendidikan yaitu:
a.      Kesahihan
b.      Keterandalan
c.       Kepraktisan

B.     Evaluasi Hasil Belajar
1.      Fungsi dan Tujuan Evaluasi Hasil Belajar
    Evaluasi hasil belajar merupakan proses untuk menentukan nilai belajar siswa melalui kegiatan penilaian dan/atau pengukuran hasil belajar. Tujuan utamanya adalah untuk mengetahui tingkat keberhasilan yang dicapai oleh siswa setelah mengikuti suatu kegiatan pembelajaran, di mana tingkat keberhasilan tersebut kemudian ditandai dengan skala nilai berupa huruf atau kata atau simbol.
   Hasil dari kegiatan evaluasi hasil belajar pada akhirnya difungsikan dan ditujukan untuk keperluan berikut ini :
a.      Untuk diagnostik dan pengembangan.
b.      Untuk seleksi.
c.       Untuk kenaikan kelas.
d.      Untuk penempatan.
2.      Sasaran Evaluasi Hasil Belajar
     Sebagai kegiatan yang berupaya untuk mengetahui tingkat keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan yang ditetapkan, maka evaluasi hasil belajar memiliki sasaran berupa ranah-ranah yang terkandung dalam tujuan.
·         Tujuan ranah kognitif berhubungan dengan ingatan atau pengenalan terhadap pengetahuan dan informasi, serta pengembangan keterampilan intelektual.
·         Tujuan ranah afektif berhubungan dengan hierarki perhatian, sikap, penghargaan, nilai, perasaan, dan emosi.
·         Tujuan ranah psikomotorik berhubungan dengan keterampilan motorik, manipulasi benda atau kegiatan yang memerlukan koordinasi saraf dan koordinasi badan.
3.      Prosedur Evaluasi Hasil Belajar
            Tahapan prosedur evaluasi hasil belajar yang perlu dilalui seorang penilai meliputi : persiapan, penyusunan alat ukur, pelaksanaan pengukuran, pengolahan hasil pengukuran, penafsiran hasil pengukuran, dan pelaporan dan penggunaan hasil evaluasi.

C.   Evaluasi Pembelajaran
Evaluasi pembelajaran merupakan suatu proses untuk menentukan jasa,  nilai atau manfaat kegiatan pembelajaran melalui kegiatan penilaian dan/atau pengukuran. Evaluasi pembelajaran mencakup pembuatan pertimbangan tentang jasa, nilai atau manfaat program,  hasil dan proses pembelajaran.

1.      Fungsi dan Tujuan Evaluasi Pembelajaran
Tujuan utama dari evaluasi pembelajaran adalah sejumlah informasi atau data tentang jasa,  nilai atau manfaat kegiatan pembelajaran. Melalui inilah yang kemudian difungsikan dan ditujukan untuk pengembangan pembelajaran dan akreditas.
a.      Fungsi dan tujuan pembelajaran untuk pengembangan.
b.      Fungsi dan tujuan evaluasi pembelajaran untuk akreditasi

2.      Sasaran Evaluasi Pembelajaran
Sasaran evaluasi pembelajaran adalah aspek-aspek yang terkandung dalam kegiatan pembelajaran. Dengan demikian sasaran evaluasi pembelajaran meliputi:
tujuan pengajaran, unsur dinamis pembelajaran,pelaksanaan pembelajaran, dan kurikulum.
a.      Tujuan pembelajaran merupakan sasaran evaluasi pembelajaran yang  perlu diperhatikan,  karena semua unsur atau aspek pembelajaran yang lain selalu bermula dan bermuara pada tujuan pembelajaran.
b.    Unsur dinamis pembelajaran merupakan sasaran evaluasi pembelajaran yang kedua. Yang  dimaksud dengan unsur dinamis pembelajaran adalah sumber belajar atau komponen sistem intruksional  yang terlibat dalam kegiatan pembelajaran. Sumber-sumber belajar dibedakan menjadi dua jenis :
(i) sumber belajar yang dirancang (by design), dan (ii) sumber belajar karena dimanfaatkan (by utilization).
Adanya interaksi antara sumber belajar sebagai unsur dinamis pembelaajaran dengan siswa akan mewujudkan pelaksanaan pembelajaran.
c.       Sasaran evaluasi pembelajaran lainnya adalah pelaksanaan pembelajaran.
d.      Sasaran evaluasi pembelajaran berikutnya adalah kurikulum.

3.      ProsedurEvaluasiPembelajaran
Evaluator dalam evaluasi pembelajaran adalah suatu tim yang mempunyai peran penting dalam memberikan informasi mengenai keberhasilan pembelajaran. Yang berhak menjadi tim evaluator adalah orang-orang yang telah memenuhi sebagai persyaratan yang ditentukan.
      Prosedur pembelajaran sendiri terdiri dari lima tahapan yaitu :
a.      Penyusun Rancangan
b.      Penyusunan Instrumen
c.       Pengumpulan Data
Dalam pengumpulan data dapat diterapkan berbagai teknik pengumpulan data diantaranya adalah :
1)      Kuesioner
2)      Wawancara
3)      Pengamatan
4)      Studikasus
d.      Analisis data
e.      Penyusunan Laporan
Dalam laporan evaluasi pembelajaran harus berisi pokok-pokok berikut :
1)      Tujuan evaluasi
2)      Problematika
3)      Lingkup dan metodologi evaluasi pembelajaran
4)      Pelaksanaan evaluasi pembelajaran,
5)      Hasil evaluasi pembelajaran.

Demikianlah pembahasan tentang evaluasi pembelajaran, di mana dapat menandai bahwa evaluasi pembelajaran tidak hanya dapat dilakukan oleh seorang guru sendirian.



 

0 komentar:

Poskan Komentar